Perhatikan Cara Merawat Printer Berikut, Agar Printermu Awet

Cara merawat printer bisa kita lakukan dengan cara sederhana. Mulai dari pemakaian, maintenance sehari – hari, hingga perawatan yang dilakukan secara berkala setiap minggu atau setiap bulan. Hal ini dilakukan untuk menjaga printer agar tidak mogok, eror atau mudah rusak.

Terdapat banyak macam dan jenis printer yang terdapat di pasaran yang fungsinya disesuaikan dengan kebutuhan. Seperti printer khusus untuk kasir, printer untuk cetak foto, cetak baner dan juga untuk perkantoran seperti printer dot matrix. Ada juga printer yang umum digunakan untuk kebutuhan personal, biasanya jenis printer inkjet.

Pada kesempatan ini, klinik-printer mencoba untuk mengulas dan berbagi beberapa tips khusus untuk para pengguna printer inkjet. Bagaimana cara perawatan printer ini agar tidak mudah rusak, minimal tidak sering bermasalah.

Tips Simpel Merawat Printer Inkjet

1. Gunakan Sesuai Spesifikasinya

Jenis printer inkjet juga terdiri dari berbagai macam varian produk. Mulai dari merknya dan juga tipe serta fitur – fiturnya. Oleh sebab itu, penting bagi kita pengguna printer untuk mengetahui spesifikasi printer milik kita. Hal ini agar kita dapat menyesuaikan penggunaan. Dengan demikian, kita tidak akan memaksakan printer bekerja melebihi batas kemampuannya. Seperti tips yang ke dua

2. Jangan Paksa Melebihi Batas Kemampuan

Menyambung dari tips yang pertama, cara merawat printer dalam hal penggunaan hendaknya memperhatikan spesifikasi agar kita tidak menggunakannya melebihi batas kemampuan printer tersebut.

Sebenarnya kita bisa saja memaksakan printer bekerja diatas kemampuannya, namun imbasnya adalah umur kerjanya tidak panjang. Ketika sebuah printer inkjet merk tertentu dapat bertahan hingga 3 tahun dengan pemakaian wajar. Maka dengan pemakaian yang tidak wajar belum sampai 1 tahun bisa jadi sudah rusak.

3. Jangan Sembarangan Menggunakan Tinta Printer

Printer inkjet identik dengan tinta yang bersifat cair atau menggunakan pengencer berupa air. Biasanya masing – masing merk printer memiliki spesifikasi tinta yang berbeda – beda, khususnya pada viskositas atau kekentalannya.

Oleh sebab itu, tips merawat printer selanjutnya yaitu jangan gunakan sembaran tinta. Anda tidak boleh menggunakan tinta merk A untuk printer merk B, dan juga sebaliknya. Selain itu, usahakan gunakan merk tinta printer yang direkomendasikan.

4. Isi Ulang Tinta Dengan Benar & Teratur

Printer inkjet merupakan salah satu jenis printer yang cukup mudah digunakan oleh sebab itu banyak digunakan untuk pemakaian pribadi. Salah satu kemudahannya ialah, dalam isi ulang tinta.

Namun hal ini apabila tidak diperhatikan dapat membuat printer anda cepat rusak. Oleh sebab itu, memperhatikan cara isi ulang tinta juga termasuk cara merawat printer inkjet yang harus diketahui oleh pengguna printer.

Selalu cek dan perhatikan, tinta printer dalam cartridge. Jangan sampai tinta kosong anda biarkan (tidak diisi ulang). Hal ini dapat membuat tinta mengeras dan menutup celah – celah keluarnya tinta pada head cartridge, akibatnya printer tidak keluar tinta alias macet.

Untuk anda yang menggunakan infus printer juga demikian, jangan sampai tinta kosong dalam wadah. Gelembung udara akan masuk ke selang dan akhirnya menghambat proses aliran tinta ke dalam cartridge.

5. Jangan Diamkan Dalam Waktu Lama

Bisa kita katakan sebagai kelemahan printer inkjet yaitu tidak bisa diam (tidak digunakan) dalam waktu yang lama. Hal ini masih terkait dengan permasalahan pada tinta printer.

Yaitu tinta printer dapat mengendap, menggumpal dan juga mengeras sehingga dapat menutup mulut semprot pada head cartridge. Oleh karena itu, untuk menjaga printer tidak rusak, tips perawatan printer selanjutnya yaitu gunakan selalu printer meskipun hanya satu minggu sekali.

6. Lakuakn Head Cleaning Printer

Biasanya untuk printer inkjet terdapat menu head cleaning pada program printer support device. Fitur ini bertujuan untuk melancarkan keluarnya tinta dari mulut semprot pada head cartridge.

Untuk itu, coba lakukan Head Cleaning seminggu sekali atau saat hasil cetakan mulai kabur dan bergaris. Head Cleaning pada printer yang sudah dimodifikasi dengan infus juga memiliki fungsi tertentu yaitu akan memompa tinta masuk ke cartridge dengan normal. Hingga printer dapat kembali digunakan untuk mencetak.

7. Jagalah Kebersihan Printer

Printer inkjet rentan sekali dengan kotoran (debu) meskipun debu yang halus sekalipun. Ketika debu tersebut masuk ke dalam, lalu ketika cartridge bergerak terdapat debu yang ikut tergerus, maka printer akan mengalami cidera dan pastinya dalam waktu yang singkat akan mengalami kerusakan. Oleh sebab itu, penting untuk menjaga kebersihan printer. Berikut beberapa tips dalam urusan kebersihan printer.

  • Tempatkan printer di ruangan yang tidak mudah terpapar debu yakni ruangan yang tertutup
  • Jangan lupa selalu tutup cover printer setelah anda selesai menggunakan printer
  • Bersihkan rinter dengan kain halus secara berkala, atau ketika printer terlihat kotor.
  • Gunakan pembungkus plastik dan masukkan kembali ke dalam kardus apabila anda sudah tidak lagi menggunakannya.

Nah, demikianlah kiranya tips cara merawat printer inkjet yang mudah – mudahan dapat bermanfaat untuk anda sekalian. Semoga dengan memperhatikan beberapa opsi tersebut Printer anda bisa awet dan tahan lebih lama.

Leave a Reply