Referensi Jenis Printer Yang Penting Untuk Kita Ketahui

Printer merupakan sebuah perangkat keras yang digunakan untuk berbagai keperluan. Printer biasanya diperlukan untuk kepentingan mencetak dokumen, mencetak foto, dan bentuk file lainnya.

Salah satu manfaat dari printer adalah untuk mengubah dokumen digital menjadi bentuk fisik. Printer membuat kita lebih mudah dalam mencetak dokumen. Di dalam dunia percetakan, printer adalah suatu perangkat yang wajib untuk digunakan. Printer memiliki banyak jenis dan fungsi fungsinya.

Berikut jenis jenis printer beserta fungsinya

1. Printer Dot Matrix

Dot Matrix adalah salah satu jenis dari printer yang cukup populer untuk saat ini. Disebut sebagai dot matrix karena printer jenis ini menggunakan teknik percetakan berupa titik titik yang kemudian digabungkan menjadi satu cetakan.

Printer jenis ini menggunakan sebuah cartridge untuk mencetak dokumen. Salah satu kelebihan dari jenis printer ini adalah harga cartridge nya yang cukup murah dan terjangkau. Harganya yang lebih ekonomis membuat printer jenis dot matrix lebih banyak digunakan.

Namun printer dot Matrix juga memiliki beberapa kekurangan. Yaitu adalah kecepatan mencetaknya yang relatif lama. Sparepart nya pun sulit digunakan dan pilihan warnanya yang terbatas.

2. Printer Inkjet

Printer Inkjet adalah sebuah jenis printer yang umum dijumpai di pasaran dan merupakan pengembangan dari printer jenis Dot Matrix. Printer jenis ini tidak menggunakan cartridge sebagai media pencetaknya, melainkan hanya memanfaatkan tinta.

Printer Inkjet dapat mencetak suatu dokumen menjadi lebih cepat serta lebih efisien. Beberapa kelebihan dari Printer jenis Inkjet adalah varian warnanya yang cukup banyak, perawatannya yang tidak terlalu sulit, serta kecepatan cetaknya yang lebih cepat jika dibandingkan dengan printer Dot Matrix. Selain itu harganya juga cukup terjangkau. Contoh printer inkjet yang cukup laris dipasaran yaitu Printer Canon ip2770.

Kekurangannya yaitu, ukuran kertasnya yang terbatas serta banyak beredar tinta yang berkualitas buruk untuk printer jenis Inkjet.

3. Printer Laser Jet

Printer jenis laser jet adalah salah satu jenis printer yang dapat mampu mencetak dokumen lebih cepat dibandingkan dengan printer jenis inkjet dan dot matrix. Berbeda dengan printer jenis lainnya, laser jet tidak menggunakan cartridge maupun tinta sebagai media cetaknya. Namun printer jenis ini menggunakan bubuk toner.

Beberapa kelebihan dari printer jenis laser jet adalah kecepatan mencetaknya yang lebih cepat dibandingkan beberapa jenis printer lainnya, warna yang tajam, serta tersedia banyak ukuran kertas.

Kekurangannya adalah penggunaan daya listrik yang cukup tinggi, harga yang mahal, serta penggunaan teknologi laser yang membuat printer menjadi lebih cepat panas.

4. Printer Label

Printer jenis label adalah printer yang memiliki ukuran yang cukup kecil. Printer label dapat mudah dibawa kemana saja karena beratnya yang ringan. sesuai namanya, printer ini mencetak dokumen dengan memanfaatkan media label. Kebanyakan, printer label digunakan untuk mencetak barcode seperti di toko swalayan atau barcode untuk suatu produk.

5. Printer Thermal

Printer thermal merupakan printer yang memanfaatkan panas sebagai media cetaknya. Printer jenis ini tidak mengeluarkan suara sama sekali ketika mencetak suatu. Printer jenis ini memiliki ukuran yang kecil dan lebih mudah dibawa kemana mana. Printer thermal mirip seperti printer label. Biasanya digunakan untuk keperluan mencetak bon atau struk.

Itulah beberapa jenis jenis printer beserta fungsinya. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply